Beasiswa S2 dan S3 di Timur Tengah

di tulisan ini saya akan berbagi tips seputar bagaimana mencari beasiswa S2 dan S3 di negara2 timur tengah. tulisan ini hanyak mencakup negara timur tengah: saudi arabia, uni emirates arab dan Qatar.

1. Bidang studi dan area riset.

bidang studi yang di tawarkan meliputi: Engineering( Electrical, material, petroleum, mechanical, computer science and chemical), science(physics, chemistry, biology and marine science).
2. Persyaratan.

  • TOEFL IBT denga nilai diatas 80. link tentang toefl IBT silahkan ke situs ets. biaya untuk tes TOEFL sekitar 160-200. saya sarankan anda jangan menggunakan ITP TOEFL tes. karena tes ITP bukan ditujukan untuk melamar sekolah.
  • nilai GRE dengan nilai quantitative section diatas 700 biar aman 760. mengenai apa GRE dan bagaimana silahkan berkunjung ke situs GRE. biaya tets gre mungkin sekitar 160-200 usd.
  • surat rekomendasi dari 2 orang. tentang apa dan bagaimana surat rekomendasi yang bagus silahkan berkunjung ke: sini dan ke sini.
  • membuat rencana studi atau proposal riset. rencana studi ini akan berisi apa yang akan anda kerjakan disana, mengapa, bagaimana dan hal 2 yang berhubungan dengan penelitian anda. insya allah saya akan menulis beberapa tips untuk membuat riset proposal yang bagus.
  • surat lamaran
  • riwayat hidup atau CV. apa dan bagaimana membuat CV untuk melamar sekolah silahkan berkunjung ke sini.
3. Universitas 
  1. KAUST. link http://www.kaust.edu.sa/
  2. Masdar. link http://www.masdar.ac.ae/
  3. UAE University. http://www.uaeu.ac.ae/
4. Sistim Pendidikan
secara umum sistim pendidikan di ketiga negara diatas menggunakan sistim amerika. saya akan memberikan gambaran secara umumnya sebagai berikut.
  • Master program. master program ditempuh selama 2 tahun. pada proram master anda diwajibkan mengambil kuliah(course) sebanyak 7-8 kuliah. dengan beban 24-30 kredit tergantung universitas. membuat dan menulis thesis. Thesis akan dikerjakan selama 1.5 atau 2 tahun semenjak mahasiswa berkuliah, selama mengerjakan thesis anda akan disibukkan dengan aktivitas penelitian atau di lab.
  • PhD. program Phd akan ditempuh selama 3-5 tahun. pada program Phd anda diharuskan mengambil mata2 kuliah wajib yang berhubungan denan jurusan yang anda pilih. sebagai contoh untuk jurusan material( phase  transformation, metallurgy material, kinetic material dan thermodynamics. selain kuliah wajib diatas anda juga HARUS mengambil ujian kualifiasi untuk Phd. apa dan bagaimana ujian kualifikasi Phd bisa berbeda antar univeristas. secara umum ujian ini dibagi menjadi 2: ujian tertulis 3-5 subjek wajib secara close book dan marathon. proposal defense, disini anda akan diuji seputar rencana riset anda. mengenai hal diatas anda dapat membaca secara detail di sini dan disini. setelah anda lulus 2 tahap ini anda barulah digelari Phd cand. setelah anda meyelesaikan riset anda tentunya dengan mempublikasikan hasil riset anda di per review journal.
demikian sedikit informasi mengenai beasiswa S2 dan S3 di Timur tengah berdasarkan apa yang saya ketahui. semoga membantu.
This entry was posted in Akademik, Beasiswa. Bookmark the permalink.

2 Responses to Beasiswa S2 dan S3 di Timur Tengah

  1. arumkania says:

    terima kasih infonya bermanfaat..
    ada informasi mengenai beasiswa ekonomi islam di qatar tdk? mohon infonya jika ada🙂 nuhun

    • tsulusun says:

      waduh saya kurang tahu mbak. kalo Ekonomi islam di UIIC malaysia juga bagus di Saudi juga bagus coba ke UAE University googlong dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s