Membuat study plan(rencana studi) untuk melamar sekolah atau beasiswa.

Pada proses seleksi beasiswa study plan dan surat rekomendasi adalah dua faktor yang sangat menentukan diterima atau tidaknya seorang pelamar. Hal ini karena secara umum para pelamar akan memiliki IPK dan nilai TOEFL yang sama atau relative dekat. Sering terjadi seorang pelamar dengan IPK yang rendah (dibawah 3 atau dibawah 3.5 ) mampu mendapatkan beasiswa dengan menyingkirkan pelamar lainnya dikarenakan study plan yang outstanding. Berikut ini adalah tips2 membuat study plan:

  • Ringkas. Usahakan study plan seringkas mungkin dengan jumlah halaman maksimal 2 lembar 1 lembar lebih baik. Hal ini karena umumnya pelamar beasiswa berjumlah ratusan orang, sedangkan komite hanya terdiri dari 3-7 orang. Study plan yang terlalu panjang akan membuat komite : 1 malas membacanya 2 poin penting tidak terbaca 3 bila 2 hal tersebut terjadi otomatis anda akan gugur dalam seleksi.
  • hanya menulis yang penting dan berhubungan dengan riset dan studi anda. Hindari menuliskan tentang: 1 cita2 masa kecil anda, hobby, riwayat hidup atau aktivitas yang tidak berkaitan dengan rencana studi anda.
  • Jalaskan rencana riset anda. Dalam studi plan anda harus menjelaskan rencana riset anda dalam 1 paragrap lengkap dengan poinya. Misal anda ingin meneliti tentang membuat LED dari material organic. Maka anda harus menjelaskan di bagian LED mana anda akan focus, materialnya apa. Bagaimana dengan metoda penumbuhan atau pembuatannya, karkateristik apa yang ingin anda tonjolkan dari LED anda. Misal anda focus di surface Plasmon LED anda dan sebagainya. Semakin detail dan lengkap maka peluang anda untuk memenangkan beasiswa semakin besar.
  • Jujur. Bila anda berbohong hal ini akan mudah diketahui oleh para komite, Karena mereka ini rata2 sudah sangat berpengalaman dalam menyeleksi pelamar beasiswa.
  • Kreatif. Agar riset plan anda dilirik oleh calon prof. maka buatlah riset itu menarik dan unik. Untuk itu anda harus membaca minimal 50 paper yang berkaitang dengan riset anda. Mulailah dengan membaca paper review di sekitar bidang itu, setelah itu focus pada satu masalah, kemudian mulailah mencari paper yang setopik denga masalah itu.
  • Grammar yang bagus. Mintalah teman anda atu dosen anda untuk mengkoreksi study plan anda.
  • Berkonsultasi dengan dosen pembimbing anda.

Semoga bisa membantu.

This entry was posted in Akademik, Beasiswa. Bookmark the permalink.

49 Responses to Membuat study plan(rencana studi) untuk melamar sekolah atau beasiswa.

  1. Pingback: Persiapan Berburu Beasiswa - Info Beasiswa Korea

  2. wi2n says:

    great info, gan😀

  3. Pingback: Pesiapan Meraih Beasiswa - Why you not?

  4. jea says:

    kalo S1 pake study plan juga ya?

  5. tsulusun says:

    kalo S1 engga perlu study plan, kalo di minta biasanya disuruh nulis college essay..
    colleg essay ini semacam cerita kenapa milih kuliah di kampus X jurusan Y dan latar belakang kehidupanmu.. CMIIW
    baca aja disini https://bigfuture.collegeboard.org/get-in/essays

  6. Pingback: Persiapan Mendapatkan Beasiswa | Kiki Yulianto

  7. diniups says:

    Mm… kalo misal jurusannya yg diinginkan master dari business administration, ada saran tentang calon penelitianya? sedangkan saya berasal dr jurusan bahasa inggris non-skripsi.. yang tidak pengalaman membuat study plan…mohon pencerahannya. thanks

    • tsulusun says:

      Hmm saya waktu S2 di Taiwan ada beberapa teman yang ambil MBA di NCKU, mereka dari berbagai macam jurusan waktu S1. setau saya MBA ini sangat tidak mempermasalahkan background pendidikan. untuk riset pertama itu yang harus di ketahui apa minat dan tujuannya, kalo dengan latar belakang bahasa inggris mungkin cocok di bidang marketing…

  8. ziza says:

    ini ada beasiswa exchange buat S1 tapi kok disuruh bikin study plan juga ya .. bingung mau riset apa, ilmu masih smester 6 awal😦

  9. tsulusun says:

    Saran saya :
    1 Konsultasi dengan dosen di kampus atau minta dosen kasih topik .
    2 cek website lab yang dituju buat magang, lihat topik risetnya.. kemudian ajak dosen di kampus yang pernah atau lagi riset yang setopik
    3 kirim email ke prof lab yang dituju cerita jujur saja soal masalah ini, jadi dia bisa kasih gambaran buat risetnya besok he he.
    4 Tanya kakak kelas yang di LN yang lagi S2 atau S3

  10. DK says:

    Izin share di-blog saya ya!🙂

  11. saed fahmi says:

    apakah rencana studi itu kita buat sesuai dengan jurusan yang kita pilih?

    • tsulusun says:

      ya lebih baik begitu meskipun jurusan yang kita minati bedan dengan saat kuliah. hal ini akan menunjukkan kalo anda benar 2 berminat dan sangat serius ingin kuliah disitu

  12. arielkahhari says:

    kalo untuk rencana studi dalam negeri gimana ya?? apalagi diminta sks yang mau diambil setiap semesternya

  13. Suwarti says:

    bagaimana cara atau gambaran tentang membuat essay Rencana Studi untuk daftar beasiswa LPDP?
    terima kasih

    • tsulusun says:

      pertama bedakan rencana studi dengan research proposal.beasiswa LPDP ini kan dr pemerintah indonesia jadi saran saya : pertama jelaskan tentang latar belakang pendidikanmu kemudian apa pilihan jurusan atau bid studi mu. dari situ masukkan rencanan risetnya jelaskan pula manfaat riset atau studi terhadapa Negara atau masyarakat indonesia. misal akan mengambil soal renewable energi jelaskan bahawa dengan km belajar renewable energi iin akan membantu pembangunana di indonesia karena rasio energi kita masih rendah. jelaskan pula bahwa beasiswa ini mewajibkan penerimanya kembali ke negara asal. kalo model LPDP kampus yang kamu tuju mungkin akan memberi peluang lebih besar kerana dia tidak perlu keluar biaya dan ini hubunaggnya sama negara …good luck

      • el says:

        bookmarked.
        makasih banyak mas penjelasannya. saya juga ingin apply beasiswa LPDP, tapi belum pernah apply beasiswa S2 sebelumnya, jadi masih butuh banyak belajar.
        sukses selalu mas.

      • tsulusun says:

        oke sama2 semoga sukses nembus LPDP nya , saran saya jangan nanggung kalo nembak kampusnya. LSE, harvard, stanford MIT he he

  14. Andika says:

    Gan, saya seorang awardee LPDP angkatan kedua.
    Jujur saja, artikel agan ini merupakan salah satu rujukan saya dalam membuat Study Plan kemarin lho. Hehe…
    Kalau agan berkenan, saya mau bagikan link ke artikel ini di artikel saya tentang tips memperoleh beasiswa LPDP, gan😉

    (http://theandikawijaya.blogspot.com/2013/07/tips-memperoleh-beasiswa-lpdp-1.html)

  15. Winda Rianti says:

    salam kenal saya winda, saya juga berniat untuk melamar beasiswa lpdp. saya ingin bertanya, jika kita mendaftar untuk beasiswa luar negeri apakah essay dan study plan harus ditulis dengan menggunakan bhs inggris? mohon pencerahannya email saya rianti.winda@gmail.com

  16. Dian Puteri Nurbaity says:

    Assalamu’alaikum.. saya smntara mencoba ambil beasiswa LPDP dalam negri. standar Toefl ITP 500, memang harus 500 ya kalau mndftar LPDP?klau kurang dari itu apa bisa dftar?

    • tsulusun says:

      waalaikumsalam..
      setau saya LPDP itu kan beasiswa dengan syarat kita di terima dulu di universitas tujuan ( misal di UK , USA atau japan).
      nah syaratnya tergantung masing2 universitas, saran saya TOEFL minimal 550.
      kurang dari itu saya kurang tau , umumnya universitas meminta 550. saran saya belajar lagi saja 500 ke 550 dikit lagi kok

  17. Novaria says:

    Hallo salam kenal mas, Saya Nova, lulusan S1 Sastra Jepang dan ingin sekali mencoba peruntungan ambil S2 Bisnis di univ.Japan. apa perlu ambil kursus GMAT dulu ya sebelum apply beasiswa LPDP ini?atau hanya perlu optimalin raih TOEFL Score nya aja?terus jg bingung untuk study plannya c dalam mengkaitkan dgn backgroundqu sbelumnya.ada saran tdk mas?Makasih sebelumnya:)

    • tsulusun says:

      hmms kalo di US dan eropa GMAT atau GRE itu wajib, kalo di jepang saya kurang tahu.. tapi kalo mbak sudah bagus bahasa jepangnya sih mending daftar yang MBA kelas lokal

  18. rani says:

    mas, tanya ya..
    utk beasiswa S2, klo saat ini saya msh menunggu pengumuman lulus dr PT yg saya tuju.. bisa tdk saya ikut dftr beasiswa LPDP?
    apa hrs menunggu saya dinyatakan diterima?
    thnx🙂

    • tsulusun says:

      hmms saya ada teman yang sudah dapat LPDP katanya untuk term ini sudah beres semua ( sat ini masuk tahap poembekalan dll), syarat dapat LPDP kan dapat admission letter jadi kalo belum dapat ya ga bisa daftar dulu

  19. diki says:

    saya berminat daftar LPDP luar negeri, program yg saya minati itu Master by Coursework tanpa kewajiban membuat thesis, apa harus nyantumin rencana riset dalam study plan kita nanti?
    thanks

  20. nira says:

    terimakasih atas tulisannya, sangat membantu

    saya juga berminat daftar LPDP, tp apakah beasiswa LPDP juga membuka kesempatan bagi mahasiswa S2 on going?

  21. add says:

    salam kenal.
    saya jg ingin mendaftar lpdp desember ini, rencanax mau daftr di luar negeri. saya lulusan pskologi, kira2 universitas apa yg bidang psikologix populer n bagus. selain itu apakah essay yg ingin dikirimkn jg harus berbahasa inggris? apakah ada contoh essaynya?
    terima kasih sebelumnya..

  22. dewi says:

    Saya Dewi, bekerja sebagai konsultan pendidikan Luar Negeri.

    Teman-teman yang membutuhkan bantuan dalam mendapatkan LoA dan konsultasi sekolah ke luar negeri bisa menguhubungi saya di 0811 311 1140, layanan kami bersifat menyeluruh dan tidak dipungut biaya sama sekali.

    Thanks.

  23. zulkarnain says:

    insaallah tahun ini saya juga mau ikut daftar di lpdp, cuman masih belum lengkap persyaratannya. aku masih bingung ne..untuk nessay itu harus menulis satu judul saja atau dua-duanya.antara peranku bagi indonesia dan kisah sukses terbesarku.kalau boleh.. minta tolong contoh rencana studi yang di pakai apply pas daftar di lpdp. ini alamat emailku. Zulpeduli@yahoo.co.id. trimaksih ya…moga informasinya bermanfaat untuk perubahan generasi yang lebih kompeten.

  24. BEBY says:

    kalo studyplan pakai penutup tidak? seperti “terima kasih atas perhatian bapak”

  25. didin alexa says:

    permisi mas, skor toefl minimal untuk S1 ke taiwan berapa ya?

  26. tsulusun says:

    525 cumam kalo mau aman 550 saja. tergantung Universitas dan jurusan

Leave a Reply

