suasana belajar S2 dan S3 di Taiwan

  beberapa tahun yang lalu saya berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa di Taiwan. saya mengambil program master di jurusan Teknik material(MSE) National Cheng Kung University. kalo di indonesia mungkin jurusan material agak kurang populer, akan tetapi di taiwan jurusan material termasuk top di school of engineering. selain MSE jurusan top disana adalah EE(teknik elekotro), Tekim, CS(ilmu komputer), fisika dan kedokteran.

saat di MSE saya bergabung dengan Lab Semiconductor and nanomaterial(SNL). lab kami ini berfokus di bidang semikonduktor dan nanomaterial dengan penekanan di material wideband gap(ZnO, GAN) dan nitride(AlIn INN). spesialisadi lab kami adalah di bidang TEM dan Optical analysis. Lab ini di pimpin oleh Prof Liu beliau ini lulusan Cambridge. di lab ini mahasiswanya terbagai antara: Phd(S3), master(S2), postdoc dan mahasiswa S1. tugas2 masing2 berbeda-beda, detailnya sebagai berikut:

postdoc: postdoc adalah orang paling senior di lab setelah professor, postdoc adalah orang yang setelah lulus S3 bekerja di lab tapi bukan dosen. postdoc ini digaji sangat tinggi kalo di taiwan biasanya meraka digaji atara 13-15 juta sebulan. gajinya memang tinggi untuk ukuran indo, cuman kalo di bandingkan gaji lulusan S3 di industri di taiwan amat jauh. sebagai contoh seorang phd setelah 2 atau 3 tahun bekerja bisa memperoleh salary sekitar 70-90 ribu dengan pendapatan annual sekitar 700-1.5 juta NT. 1 NT sekitar 300 rupiah😀.tugas utama Postdoc adalah memproduksi paper dengan syarat tertentu Misal: harus di publikasikan di journal dengan impact factor minimal 2.5 dan dia harus sebagai penulis pertama. dan jumlahnya biasanya 2 sampai 3 he he. jadi tugas postdoc ini rada berat bahkan dibanding anak S3 kenapa karena di akan bekerja dengan bantuan minimal dari professor. umumnya 1 postdoc kan dibantu 1 Phd dan 2- 3 master jadi ga dibiarkan kerja sendiri.

Mahasiswa S3: tugas utama nya adalah lulus dari program S3. untuk di taiwan syarat lulus S3: 1. minimal mengambil kuliah sejumlah 24 SKS (lupa berapa ya), lulus ujian tertulis komprehensif. ujian kompre ini momok buat mahasiswa S3 karena saking susahnya. Di jurusan saya untuk S3 biasanya mahasiswa harus lulus 4-5 subject ujian.untuk jurusan material subjek yang diujikan biasanya: 1 Phase transformation, physical metallurgy, Thermodinamika material, dan topik2 kusus sesuai spesialisasi. Bila mahasiswa sudah lulus ujian kualifikasi, maka dia berhak menyandang gelar Ohd candidate. Selain ujian tertulis biasanya Phd candidate akan di minta menjelaskan rencana penelitiannya di depan 2-3 dosen peguji dan pembimbing. Di Taiwan mahasiswa S3 ini maksimal harus lulus 2 ujian qualifikasi ini lebih kurang 5 tahun. Bila dalam 5 tahun dia tidak lulus, otomatis dia akan di DO atau di sarankan pindah universitas😀.Secara umum lama waktu studi S3 di taiwan antara 4-7 tahun, kalo menurut saya standar di taiwan agak berat. Standard di taiwan ini mengacu di US sana. Negara-negara yang menganut standard US ini adalah Taiwan, Hongkong, korea selatan dan singapura. di taiwan mahasiswa S3 dan S2 akan mendapatkan gaji yang sama, gajinya amat kecil  antara 2000-8000 NT perbulan beda dengan postdoc.😀

Mahasiswa S2: untuk program S2 mahasiswa di wajibkan untuk lulus 8 mata kuliah pilihan serta menulis thesis. Umumnya mahasiswa di wajibkan mempublikasikan Thesisnya di conference dan jurnal sebagai penulis pertama. Selaian itu untuk mahasiswa dengan latar belakang jurusan yang berbeda, misal S-1 fisika ambil S2 teknik elektro. Mahasiswa ini diwajibkan mengambil 2-3 mata kuliah inti di jurusan tersebut. Kalo di jurusan teknik material core coursenya adalah, phase transformation dan physical metallurgy. Dalam mengerjakan thesisnya mahasiswa ini akan di bimbing oleh mahasiswa s3, atau dalam kata lain sama prof mahasiswa s2 ini akan dijadikan anak buah mahasiswa S3 atau postdoc.

Kehidupan Lab di Taiwan agak cukup berat kalo buat standar indonesia kenapa :

  1. mahasiswa diwajibkan masuk dan bergabung di lab sejak semester 1 perkuliahan. Artinya sejak dari kuliah sampai lulus waktuu kita akan dihabiskan disini, maka bijak bijaklah memilih lab dan professor. Selain itu sebaiknya ambil kuliah 2 sampai 3 saja persemester, biar beban kerja tidak berat.

  2. mahasiswa diwajibkan untuk stay di Lab dari jam 9 pagi sampai 8-9 malam. Artinya sehari-hari waktu kita akan dihabiskan di lab tersebut. Di lab umumnya kalo tidak melakukan percobaan ya diskusi soal penelitian atau belajar. Oh ya di taiwan jam kerja lab itu umumnya dari senin sampai jumat. Jadi liburnya saat hari sabtu dan minggu akan tetapi banyak lab yang saat sabtu menyelengarakan group meeting😀.

  3. secara berkala mahasiswa wajib hadir di group meeting di lab. Gruop meeting adalah pertemuan wajib seluruh anggota lab. Umumnya group meeting diadakan di hari kosong atau libur sehingga tidak mengganggu kuliah. Di group meeting mahasiswa diwajibaka mempresentasikan kemajuan risetnya kepada seluruh anggota, jadi prof akan tahu sampai mana perkembangan anak didiknya. Umumnya group meeting diadakan seminggu sekali. Setiap group meeting ada 2-4 mahasiswa yang mempresentasikan hasilnya. Group meeting ini sangat membantu karena memudahkan kita untuk menyelesaikan target-target penelitian. Umumnya kita setiap bulan wajib presentasi di group meeeting.

Selain itu yang agak berbeda adalah sistim perkuliahan di taiwan, secara umum di taiwan kuliahnya menggunakan bahasa mandarin atau mandarin plus english. Ada juga beberapa kuliah yang menggunakan bahasa inggris. Standar penilain kuliah di taiwan umumnya: 30% UTS, 40% UAS dan 30% tugas (paper atau project). Kadang ada dosen yang memberikan kuis, bobot nilainya 10%. di taiwan absensi tidak ada atau malah tidak wajib. Jadi enak buat mahasiswa tinggal, akan tetapi disana amat jarang mahasiswa yang bolos atau telat karena mereka memang menyadari pentingnya pendidikan di sana. Selaian itu disana mahasiswa akan diberikan PR per 2 minggu, PR biasanya dimasukkan ke dalam bonus. Di Taiwan mahasiswa akan mengerjakan PR nya sendiri jarang yang mencontek. Mencontek di UJIAN adalah pelanggaran berat disana. Disana budaya fair dan jujur sudah sangat melekat jadi saat ujian amat jarang mahasiswa mencontek. Oh ya disan ujiannya umumnya selalu close Book, biar kuliahnya banyak rumusnya tetep close book. Ada juga dosen yang membolehkan membawa catatan 1 lembar A4. Dan susahnya disana UAS dan UTS berlangsung 2 -3 jam dengan 8-10 soal. Kalo saya bandingkan kuliah di ITB jauh lebih mudah dibandingkan dengan di taiwan. Di taiwan standand nilainya 0 sampai 100. menggunakan standar mutlak he he jadi gak ada A, B dan C. Disana akan ketahuan mahasiswa yang jenius dan yang cuman pintar he he he. Selain itu biasanya 1 buku itu akan dibahas tuntas dalam 1 semester tidak ada topik yang dilewati.

This entry was posted in Akademik, Beasiswa, Material Sciences and tagged , . Bookmark the permalink.

9 Responses to suasana belajar S2 dan S3 di Taiwan

  1. sigit says:

    kira kalau mau daftar beasiswa kesana prosesnya gmana ya?

  2. Tommy says:

    Hi Kak,

    Mau tanya gimana sih peluangnya untuk kerja di Taiwan. Saya udah apply untuk di Taiwan jurusan MBA. Harapannya sih nanti abis lulus bisa kerja di Taiwan. Apakah peluangnya terbuka untuk orang asing dari Indonesia untuk kerja di Taiwan??

    Thanks.

    • tsulusun says:

      kalo peluang kerja di taiwan itu besar terutama untuk jurusan engineering dan science tp dengan syarat kamu bisa bahasa mandarin.. beberapa teman saya yang MBA, memang dapat kerja di taiwan tp ya dia bisa bahasa mandarin dikit2. tp beberapa malah dapat kerja di china dan singapore. kalo MBA yang balik ke indonesia juga laku keras, btw apply MBA nya dimana

      • Tommy says:

        Terima Kasih atas responnya.

        Mandarin jadi kunci ya jika ingin berkarir di Taiwan. Kalau gitu nanti intensif deh belajar mandarinnya (kalo beneran keterima :D)

        Kalo boleh tau standar gaji untuk freshgrad kerja di Taiwan kurang lebih berapa?? Saya apply MBA di NCKU, NTUST dan FCU.

        Thanks.

  3. Tsulusun says:

    untuk fresh grad antara 40-50 ribu NT, 1 NT sekotar 300-400 rupiah tergantung nikai tukar..tp otu belum dari bonus tahunan ya ..itu cuman THP perbulan

  4. Tommy says:

    Sipp… Thans infonya😀

  5. anita says:

    Halo Teman2~~~yg tertarik dengan mandarin, ayooo buruan kirim email ke saya 2460@tkb.com.tw dan silahkan kunjungi website kami
    http://studiditaiwan.com/front/index/index.action#
    Ayo kita kuliah di Taiwan!

  6. fandy jofa says:

    haii kak, aku ingin kuliah s1 di taiwan. tapi aku tidak tau situs, persyaratan, dan kapan mendaftarnya kak?
    niatnya sih di informatic engineering. tolong share ke email ini yaa kak fandygokiel83@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s