Transportasi Surabaya Bandung

Pada tulisan sebelumnya saya membahas tentang transportasi dari bandung ke surabaya. ternyata setelah saya amati lebih banyak orang yang berpergian surabaya bandung dari pada arah sebaliknya he he, ini cuman prediksi saya bisa salah atau benar. sebelum melakukan perjalanan dari surabaya ke bandung alahkang baiknya anda melakukan persiapan detail mengenai perjalana anda mulai dari mengecek pilihan angkutan, melist barang yang akan dibawa, melist peralatan dalam perjalanan. sebagai informasi jarak surabaya bandung adalah sekitar hampir 700 Km, artinya bila anda menggunakan moda transportasi selain pesawat. waktu tempuh yang dibutuhkan kira-kira 13-16 jam atau lebih. berikut ini adalah pilihan moda dari Surabaya ke bandung. saya urutkan dari yang paling murah sampai yang paling mahal.
Kereta ekonomi pasundan: anda bisa menggunakan kereta api pasundan, berangkat biasanya jam 6 pagi dari stasiun Gubeng atau wonokromo. harga tiket dibawah 50 ribu, kalo tidak salah sekitar 41 ribu. waktu tempuh kurang lebih 17-18 jam. kereta api pasundan hanya berhenti di stasiun kiaracondong, kereta ini tidak berhenti di stasiun bandung kota.
Kereta bisnis mutiara selatan: dari stasiun gubeng kereta ini diberangkatkan pukul 16.30-17.00. Harga tiket 170-190 ribu. waktu tempuh kurang lebih 13 -14 jam. secara umum kereta nya cukup nyaman, bersih plus toiletnya juga bersih. kereta ini adalah favorit mahasiswa dan pedagang, jadi bakal banyak dapat temen seperjalanan entar. saya sering melihat mahasiswa memakai jaket himpunan atau jaket kampus di kereta ini.
kereta Eksekutif turangga: dari namanya saja sudah ketebak kalo harga tiketnya bakal mahal. harga tiket turangga dibanderol 245-300 ribu, waktu tempuh 12-13 jam. hampir sama dengan kereta mutiara selatan. kereta ini berangkat pukul 18.30-19.30 dari stasiun gubeng, tiba pukul 7-8 pagi. pernah saya naik kereta ini terlambat 3 jam, gara lokomotifnya ngadat di nagrek :D. harga tiket segitu ga dapat makan loo :D. secara umum keretanya nyaman, bersih cuman kurangnya keretanya kurang rame. saya seringkai naik kereta ini di sebelah saya umumnya kosong, satu gerbong cuman terisi 60% dari kapasitasnya. sangat berbeda dengan kereta mutiara selatan.
Kereta Argo Wilis: harga tiketnya 285-320, berangkat pkul 7 pagi. kereta ini tiba di bandung pukul 6.30-7 malam. waktu tempuh kereta ini lebih cepat 1 jam dari kereta turangga. gerbong kereta ini lebih nyaman dibandingkan kereta turangga.
dalam perjalanan surabaya bandung anda akan disuguhi pemandangan yang indah selepas stasiun tasikmalaya, kereta akan melewati pegunungan bandung. dikiri kanan terlihat lembah dan hutan, pemandangan paling indah adalah saat menyeberangi lembah atau sungai pemandanganya bener keren. sayangnya panorama ini jarang kita lihat kalo naik kereta yang tiba pagi di bandung. selanjutnya saya akan membahas soal bus surabaya bandung.
alangkah baiknya sebelum anda memilih melakukan perjalanan dengn bus anda mengecek dulu informasi terbaru soal bus2 ini, informasi bisa didapatkan di komunitas bismania.
Bus Ekonomi Mandala Surabaya-yogya-Bandung. Berangkat jam 10 pagi dari terminal bungurasih tiba di bandung jam 7 pagi, harga tiket dibawah 100 ribu. saya belum pernah naik bus ini baik dari bandung atau surabaya.
Bus eksekutif Pahala kencana, Malang-surabaya -bandung. berangkat dari Surabaya pukul 16.00, tiba di bandung pukul 9 pagi. harga tiket 180 ribu. fasilitas yang didapat: Makan malam di tuban, AC, 2-2 seat WC. bus ini mengambil rute di Pantura, kalo ga macet bisa jam 8 pagi di bandung.
Bus eksekutif Kramat djati. melayani rute Malang-surabaya-bandung. Harga tiket 180 ribu, berangkat jam 15.30 tiba di bandung pukul 7 pagi. fasilitas sama dengan pahala.
Pesawat Surabaya Bandung Jam nya bervariasi harga tiket, 450-800 ribu. dilayani oleh sriwijaya air, merpati dan garuda :D.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment